Thursday 19 December 2013

Pengertian Hidrosfer



 Bumi tempat tinggal kita ini merupakan salah satu planet dalam sistem tata surya yang sebagian besar permukaannya tertutup oleh air. Hampir tiga perempat permukaan bumi tertutup oleh air, baik air yang ada di darat maupun yang ada di laut. Lapisan air yang menutupi permukaan bumi kita ini disebut hidrosfer. Hidrosfer adalah lapisan air yang menutupi permukaan bumi.


A. Siklus Air (Siklus Hidrologi)




Jumlah air di bumi ini tetap, akibat adanya sinar matahari terjadi siklus (daur) air.
Proses terjadinya siklus air dapat Anda pelajari melalui uraian berikut:
 a. Siklus air pendek
 
Karena terjadi pemanasan oleh sinar matahari, air di laut/lautan menguap, membubung di udara. Di udara uap air mengalami penurunan suhu karena perbedaan ketinggian (setiap naik 100 meter suhu udara turun 0,65oC). Dengan demikian semakin ke atas suhu udara semakin rendah, sehingga terjadi proses kondensasi (pengembunan).
Uap air berubah menjadi butir-butir air terkumpul menjadi awan atau mendung dan akhirnya jatuh ke permukaan laut/lautan sebagai hujan.
 b. Siklus air sedang

Uap air yang berasal dari laut/lautan ditiup angin bergerak sampai di atas daratan bergabung dengan uap air yang berasal dari sungai, danau, tumbuh-tumbuhan dan benda-benda lainnya. Setelah  encapai ketinggian tertentu uap air berkondensasi membentuk butir-butir air terkumpul menjadi awan dan jatuh di atas daratan sebagai hujan.
Air hujan yang jatuh di daratan mengalir kembali ke laut melalui sungai, permukaan tanah dan melalui resapan di dalam tanah.
 c. Siklus air panjang
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikZPmFXsS7y6jFk8enehYNhrrghTKVSLyET2kuKW_t5b1KQeXZV4PsNQ6PBYAj1jwjYVVIYHEo0HU1GmekoS8IDEuOYe7SRsw4FUuYpIBuSrQB3wn2oKJlT87JBJNIQdWoabYilKSA6Lrv/s400/siklus-panjang.jpg
 Uap air yang berasal dari laut/lautan setelah sampai di atas daratan karena dibawa angin bergabung dengan uap air yang berasal dari danau, sungai, rawa, tumbuh-tumbuhan dan bendabenda lainnya. Uap yang telah bergabung tersebut tidak saja berkondensasi bahkan membeku, membentuk awan yang terdiri dari kristal-kristal es. Kristal-kriatal es turun ke daratan sebagai salju, salju mencair dan mengalir sebagai gletser kemudian akhirnya kembali lagi ke laut.
 Unsur-unsur utama dalam siklus hidrologi :
Unsur-unsur
Penjelasan
Evaporasi
penguapan dari badan air secara langsung
Transpirasi
penguapan air yang terkandung dalam tumbuhan
Respirasi
penguapan air dari tubuh hewan dan manusia
Evapotranspirasi
perpaduan evaporasi dan transpirasi
Kondensasi
proses perubahan wujud  uap air menjadi titik-titik air sebagai hasil pendinginan
Presipitasi
segala bentuk curahan atau hujan dari atmosfer ke bumi yang meliputi hujan air, hujan es, hujan salju
Infiltrasi
air yang jatuh ke permukaan tanah dan meresap ke dalam tanah
Perkolasi
air yang meresap terus sampai ke kedalaman tertentu hingga mencapai  air tanah atau groundwater
Run off
air yang mengalir di atas permukaan tanah melalui parit,  sungai, hingga menuju ke laut.
 

 

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews