Tuesday 17 December 2013

alanin/ asam amino

Alanin adalah asam amino, ini adalah bahan bangunan protein. Semua asam amino memiliki struktur dasar yang sama, namun memiliki bagian-bagian individu menempel ke struktur dasar. Dalam kasus alanin, bagian ini adalah salah satu yang paling sederhana dari semua asam amino, dengan hanya satu karbon dan tiga atom hidrogen. Penampilan yang tepat dari struktur alanin dapat bervariasi menurut apakah alanin terjadi di alam, atau diproduksi secara sintetik.

Secara keseluruhan, alanin mengandung 13 atom yang berbeda. Ini termasuk tujuh hidrogen, tiga karbon dan dua oksigen, bersama dengan satu nitrogen. Sebagian besar struktur alanin terdiri dari koleksi dasar atom yang umum untuk semua asam amino. 20 asam amino yang ditemukan di alam, dan masing-masing hanya berbeda dalam satu bagian struktur mereka, yang dikenal sebagai kelompok-R.

Struktur dasar Asam amino berkisar satu atom karbon di pusat molekul. Ke atas tertancap tiga bagian yang berbeda, yang disebut gugus amino, gugus asam karboksilat dan hidrogen tunggal. Gugus amino mengandung tiga atom hidrogen dan satu atom nitrogen, sedangkan kelompok asam karboksilat mencakup satu karbon dan dua oksigen. Ini hidrogen tunggal sebelah karbon pusat, dua kelompok lainnya yang terletak di sepanjang bidang horizontal, dengan karbon dan hidrogen di tengah.

Dimana struktur alanin berbeda dari asam amino lainnya adalah R-kelompok. Terdiri dari satu karbon dan tiga hidrogen, ini R-kelompok cukup sederhana dibandingkan dengan sebagian besar asam amino lainnya. Karena struktur ini, alanin adalah molekul netral, tanpa interaksi listrik yang kuat negatif atau positif dengan molekul lain. R-kelompok terletak tegak lurus terhadap bidang horizontal dari komponen lainnya.

Kiralitas merupakan konsep penting dalam berurusan dengan struktur asam amino. Konsep ini dapat digambarkan sebagai dua molekul kimiawi identik menjadi bayangan cermin satu sama lain. Berkenaan dengan struktur alanin, bayangan cermin dapat terjadi ketika kelompok terjebak ke karbon pusat tertukar ke sisi lain dari karbon. Tangan manusia, dengan komponen identik, tetapi perbedaan yang jelas dalam struktur, dapat menggambarkan hal ini. Setiap gambar cermin dikenal sebagai isomer-L atau isomer-R, seperti tangan kiri atau tangan kanan.

Hanya L-isomer dari alanin terjadi di alam, tetapi ketika manusia secara sintetis membuat alanin, R-isomer juga dapat terjadi. Molekul alanin dengan tangan-kidal tidak berguna dalam menciptakan protein pada hewan, meskipun, sebagai mesin sel hanya mengenali L-isomer. Teknik ilmiah dapat mengidentifikasi adanya L-atau R-isomer pada suatu sampel dengan cara di mana mereka menyinari sinar cahaya langsung pada mereka.

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews