Tuesday 17 December 2013

ATP

ATP adalah molekul yang merupakan bahan bakar kehidupan. ATP adalah di mana sel-sel kita mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk melakukan tugasnya. Artikel ini akan menentukan ATP, menjelaskan struktur, dan secara singkat menjelaskan cara kerjanya.

Pengertian

Adenosin trifosfat, atau 'ATP' untuk singkatnya, adalah mata uang energi kehidupan. ATP adalah molekul energi tinggi ditemukan di setiap sel. Tugasnya adalah untuk menyimpan dan memasok sel dengan energi yang dibutuhkan.

Mata Uang energi

Sel adalah bahan bangunan kehidupan. Mereka datang dalam berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda. Setiap sel memiliki fungsi spesifik untuk membantu organisme untuk melakukan tugas-tugas yang diperlukan untuk bertahan hidup. Misalnya, sel-sel saraf yang dibutuhkan untuk berkomunikasi pesan ke otak kita.
Mereka juga memungkinkan kita untuk berpikir. Contoh lain adalah sel-sel yang membentuk berbagai otot kita, seperti yang ditemukan di kelopak mata kita yang memungkinkan kita untuk berkedip. Semua sel melakukan tugas tertentu, dan semua sel membutuhkan energi untuk melakukan tugas ini. Di sinilah ATP berperan penting.

Agar kita berkedip dan berpikir, kita perlu energi yang memasok ATP untuk sel-sel kita. ATP bertanggung jawab atas energi yang dibutuhkan untuk melakukan kontraksi otot, impuls saraf, fungsi metabolisme dan berbagai fungsi menopang kehidupan lainnya. Ini memasok energi untuk reaksi kimia dan mekanik di setiap sel.

ATP ditemukan dalam sitoplasma sel. Sitoplasma adalah sejenis gel bahan pengisi dari sel, di sinilah semua organel sel berkumpul. Lokasi ini masuk akal karena ATP perlu dekat ke semua bagian sel sehingga dapat memasok mereka dengan energi yang mereka butuhkan untuk reaksi kimia dan mekanik.

ATP mendapatkan energi dengan memecah makanan. Hal ini dibuat di organel pabrik pembangkit tenaga listrik, atau mitokondria, selama proses respirasi selular. Energi yang diperoleh dari memecah makanan. Hewan makan makanan, dan tanaman menyerap energi dari cahaya melalui proses fotosintesis.
molekul

Adenosin trifosfat adalah molekul energi tinggi. Bahan utama dari molekul ini adalah karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, dan fosfor. Rumus kimia adalah:
C10H16N5O13P3

Ada tiga bagian dari molekul ATP. Di tengah adalah molekul gula yang disebut ribosa. Melekat pada salah satu ujung ribosa adalah cincin karbon dan nitrogen yang membentuk dasar yang dikenal sebagai adenin. Di ujung lain dari ribosa adalah kelompok tiga fosfat.

Kelompok tiga fosfat adalah kunci untuk energi dalam molekul. Atom-atom tiga fosfat dihubungkan oleh ikatan fosfat. Energi tersebut benar-benar terkunci dalam bentuk ikatan tersebut. Enzim akan datang dan memberitahu ikatan ini untuk memecah. Kelompok fosfat akan benar-benar membebaskan diri dari molekul ATP dan melepaskan banyak energi. Sel akan menggunakan energi ini untuk melakukan reaksi lainnya seperti pembangunan protein. Ketika organisme adalah istirahat, reaksi sebaliknya terjadi dan fosfat akan memasang kembali dirinya ke basa ribosa dari molekulnya.

Ringkasan

ATP, atau Adenosin trifosfat, adalah molekul energi tinggi yang ditemukan mengambang dalam sitoplasma setiap sel. Ini adalah molekul terdiri atas tiga bagian yang memiliki gugus fosfat. Ketika kelompok fosfat ini menjadi terlepas dari molekul ini melepaskan banyak energi. Sel akan menggunakan energi ini untuk melakukan berbagai reaksi kimia dan mekanik. Ini adalah reaksi yang menyebabkan impuls saraf dan memungkinkan kita untuk berkontraksi otot-otot kita. Oleh karena itu, ATP memberi kita energi untuk melakukan semua tugas-tugas kehidupan, seperti berkedip dan berpikir.

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews