Tuesday 17 December 2013

Diatom

Diatom adalah kelompok besar dari ganggang bersel tunggal yang terbungkus dalam dinding sel silika. Diatom adalah kelompok yang sangat beragam, dan dikenal karena struktur fisik diatom yang menarik.

Pengertian

Ganggang atau alga adalah organisme fotosintetik, atau makhluk hidup yang menciptakan energi dari sinar matahari. Ini adalah kelompok yang sangat beragam, dan termasuk organisme bersel tunggal, hingga massa yang besar dan multi-sel. Salah satu kelompok utama ganggang adalah diatom. Diatom ditandai dengan menjadi organisme uniseluler dengan dinding sel berbasis silika disebut frustule.

Tanah diatom

Membaca artikel tentang bagaimana untuk membersihkan rumah Anda secara alami, dan Anda yakin untuk menjalankan semuanya dengan sesuatu yang disebut tanah diatom. Ini adalah zat ajaib, tampaknya! Hal ini dapat digunakan untuk membersihkan, mendisinfeksi, menyingkirkan hama, dan bahkan digunakan oleh perusahaan untuk menyaring segala sesuatu dari air kolam! Tapi apa yang terjadi? Dari mana asalnya? Nah, tanah diatom adalah zat tepung yang terbuat dari sisa-sisa fosil ganggang bersel tunggal yang dikenal sebagai diatom.

Apakah Diatom?

Diatom adalah produsen biologis, yang berarti mereka menghasilkan energi dalam bentuk gula dari sinar matahari. Ini mendapat energi yang masuk ke dunia kita sehingga kita semua bisa memakannya. Terima kasih, diatom!
Diatom ada sebagai sel tunggal, meskipun beberapa dari mereka berkerumun bersama dalam koloni yang menciptakan beberapa bentuk benar-benar cantik. Anda dapat menemukan diatom dalam koloni yang berbentuk seperti filamen atau pita, dalam bentuk zigzag, dalam bentuk kipas, atau bahkan dalam bentuk bintang. Setiap sel individu tercakup dalam frustule mengeras terbuat dari silika. Frustule ini memberikan setiap sel bentuk tertentu:

Bentuk Diatom

Bukankah ini indah? Dan ini hanya beberapa dari ribuan bentuk yang berbeda yang dapat menikmati diatom. Alam menakjubkan! Diatom pertama kali muncul dalam catatan fosil sekitar periode Jurassic, sehingga dinosaurus dan diatom bergaul bersama-sama jauh sebelum kita berada di sekitar mereka untuk mempelajarinya.
bentuk diatom

Sebuah Kelompok Tersebar luas

Ada lebih dari 100.000 spesies diatom yang kita ketahui di bumi, dan spesies ini dapat ditemukan di mana pun ada di air, dari lautan, ke Danau, bahkan tanah lembab dan genangan air di halaman belakang Anda.

Kebanyakan diatom berukuran mikroskopis, sehingga kita tidak dapat melihat mereka dengan mata telanjang. Meskipun, ada beberapa spesies yang mencapai panjang hingga dua milimeter, tetapi ini jarang terjadi. Untuk sebagian besar, Anda tidak tahu bahwa ada diatom, meskipun mereka sangat penting di dunia. Sebuah studi baru-baru ini memperkirakan bahwa 45% dari produksi primer di lautan ini dilakukan oleh diatom. Betapa organisme yang sibuk!

Bentuk indah

Diatom ini paling dikenal karena cangkang silika nya, atau frustule. Frustule ini dipecah menjadi dua bagian yang saling tumpang tindih, jenis seperti dua bagian cawan petri. Ini formasi cangkang memungkinkan diatom untuk membagi dengan mudah ke dalam sel anak. Setiap satu sel anak meneruskan setengah frustule, dan kemudian menambahkan pada lebih silika untuk membentuk dinding sel penuh. Setelah kematian, frustule tetap dalam lingkungan, yang mana kita mendapatkan tanah diatom.

Bentuk fisik diatom adalah bagaimana para ilmuwan mengklasifikasikan organisme ini. Kebanyakan ilmuwan memecah diatom menjadi dua kelompok besar: diatom sentris atau Centrales, dan diatom pennate atau Pennales:
Diatom sentris yang radial simetris, dengan bagian-bagian memancar keluar dari titik pusat. Diatom pennate menunjukkan simetri bilateral, artinya bagian kiri dan kanan adalah bayangan cermin satu sama lain. Saat kita mempelajari diatom secara lebih mendalam dan mempelajari lebih lanjut tentang evolusi dan DNA mereka, kita akan merevisi pemahaman dasar klasifikasi mereka. Hal ini bahkan mungkin bahwa kita belum menemukan semua spesies di luar sana, dan mungkin ada satu atau dua contoh yang tidak jatuh ke dalam kategori ini. Bukankah ilmu biologi sangat menarik?

Ekologi umum

Diatom hidup di air, atau di lingkungan yang sangat lembab. Mereka juga tunduk pada perubahan pola cuaca, seperti semua makhluk hidup di bumi. Secara umum, diatom menunjukkan ledakan dan bust siklus hidup. Ketika kondisi memungkinkan, diatom berkembang biak dengan sangat, sangat cepat, sering keluar-bersaing dengan bentuk kehidupan lain di lingkungan. Ini adalah ledakan (juga dikenal sebagai mekar diatom) bagian dari siklus mereka. Ini bagian dari siklus cenderung terjadi ketika nutrisi dan sinar matahari berada dalam kelimpahan yang besar, seperti selama musim semi dan awal musim panas.

Karena populasi diatom tumbuh, namun, sel-sel mulai menggunakan semua sumber daya. Setelah sumber daya telah hilang, diatom mulai tenggelam ke dasar air, dan membentuk jenis spora kuat yang dapat menahan kondisi yang tidak menguntungkan. Ini adalah periode siklus bust. Ketika kondisi menjadi lebih baik, siklus berlanjut lagi. Di habitat laut, diatom mengikuti booming tahunan dan siklus bust, berkembang biak selama musim semi dan musim panas, dan tenggelam ke dasar laut selama musim gugur dan musim dingin. Beberapa daerah mengalami booming diatom selama musim gugur jika hangat dan ada banyak nutrisi yang tersisa di air.
Jenis-jenis spesies yang membentuk komunitas diatom adalah unik untuk daerah tertentu. Dengan kata lain, spesies diatom yang tepat Anda akan menemukan di halaman belakang kolam Anda sangat berbeda dari yang menemukan di pantai, atau di sungai di taman setempat. Perbedaan dalam spesies membuat membantu untuk penyelidik TKP.

Diatom Bisa Membantu Polisi

Ada banyak kasus di mana diatom telah membantu polisi menentukan di mana kejahatan telah dilakukan. Karena berbagai jenis diatom hidup di daerah yang berbeda, adalah mungkin untuk menggunakan diatom sebagai bukti. Hal ini terutama sering terjadi pada orang-orang yang tenggelam dalam air. Dengan melihat jenis diatom dalam paru seseorang, TKP penyidik dapat menentukan genangan air seseorang yang meninggal. Anda akan terkejut berapa banyak orang berpikir mereka dapat menyembunyikan kecelakaan!

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews