Monday 13 January 2014

proses pencernaan pada manusia

terkhusus buat anak anak biologi ini gan,,,,,
Proses pencernaan makanan pada manusia merupakan
penguraian bahan makanan dalam bentuk senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana dan dapat larut, sehingga dapat diserap oleh tubuh. Proses pencernaan memerlukan enzim. HasiI akhir pencernaan protein berupa asam amino; karbohidrat berupa monosakarida; dan lemak berupa asam lemak dan gliserol. Sedangkan air, vitamin, dan garam mineral tidak mengalami perubahan. Sistem pencernaan terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar-kelenjar penghasil getah pencernaan. Saluran pencernaan makanan dalam tubuh yaitu sebagai berikut. 

Sistem Usus pada Manusia
 
Mulut

Alat-alat pencernaan dalam rongga mulut terdiri dari gigi, lidah, dan kelenjar ludah. Makanan dihancurkan oleh gigi dan dicampur dengan ludah. Ludah mengandung enzim ptialin atau amilase yang berfungsi mengubah amilum dalam bahan makanan menjadi maltosa, Pencernaan secara kimia dengan enzim dimulai di mulut

Kerongkongan
Makanan dari rongga mulut yang ditelan, masuk ke kerongkongan. Kerongkongan bagian atas tersusun atas otot lurik, sedangkan dua pertiganya berupa otot polos. Otot di bagian dinding kerongkongan berupa otot memanjang dan melingkar, saling bergantian mengembang dan mengerut, sehingga timbul gerak peristaltik.

Lambung
Lambung disebut juga perut besar atau ventrikulus, yang terletak di bawah kiri tulang rusuk paling bawah dan terdiri dari kardiak, fundus', dan pilorus. Lambung menghasilkan lendir, getah lambung, dan asam klorida. Getah lambung mengandung pepsinogen yang diaktifkan oleh HCI menjadi pepsin, dan enzim renin yang dapat menggumpalkan kasein susu, terutama pada bayi. Dengan adanya lapisan lendir, dinding lambung dilindungi dari pengaruh getah lambung. HCl dari lambung merangsang kelenjar di dinding usus untuk menghasilkan sekretin dan mengeluarkan hormon kolesistokinin.

Usus Dua Belas Jari
Usus ini tempat bermuara saluran empedu dari kantong empedu dan saluran kelenjar pankreas dari pankreas. Pankreas menghasilkan enzim lipase, amilase, dan tripsinogen. Tripsinogen diaktifkan oleh enterokinase menjadi tripsin. Tripsin mencerna protein dan pepton menjadi dipeptida dan asam amino yang siap diserap.

Usus Halus Lainnya
Enzim-enzimnya adalah sakarase, maltase, laktase, dan erepsinogen. Erepsinogen diaktifkan oleh.enterokinase menjadi erepsin. Di sini pencernaan selesai dan makanan siap diserap.

Usus Tebal
Sisa makanan yang tidak tercerna dibusukkan menjadi feses oleh bakreri pengurai. Di sini bakteri Escherichia Coli menghasilkan vitamin K. Air yang masih ada pada sisa makanan diserap oleh kolon sehingga feses tidak cair. Untuk melaksanakan defekasi diperlukan rangsangan gastrokolik. Gangguan pada sistem pencernaan berupa parotitis, xerostomia, timbulnya radang pada dinding lambung, diare, sembeIit, dan kolik.

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews