Monday 13 January 2014

Pasar Persaingan Sempurna & Pasar persaingan tidak sempurna

Pasar menurut strukturnya, pasar dapat dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Masing-masing bentuk pasar tersebut memiliki karakteristik tertentu yang menjadi ciri-cirinya. Berikut ciri-ciri dari masing-masing bentuk pasar tersebut.
a. Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna (perfect market competition) merupakan suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana jumlah pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) sangat banyak, dan hampir tidak terbatas. Pada kenyataanya bentuk pasar persaingan sempurna sangat sulit dijumpai. Pada pasar persaingan sempurna baik produsen maupun konsumen tidak dapat memengaruhi harga karena masing-masing pihak mengetahui kondisi pasar. Harga yang terjadi di pasar merupakan hasil kesepakatan antara konsumen dan produsen
.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna antara lain sebagai berikut:

  • Terdapat banyak penjual (produsen) dan pembeli (konsumen) yang ada di pasar.
  • Produk-produk yang diperdagangkan bersifat homogen (serba sama).
  • Produsen dan konsumen bebas untuk keluar masuk pasar. Hal ini dikarenakan baik produsen maupun konsumen hanya merupakan bagian kecil dari pasar.
  • Konsumen memiliki pengetahuan yang baik tentang pasar. 
  • Faktor-faktor produksi dapat bergerak dengan bebas karena banyaknyajumlah produsen yang ada di pasar.
  • Pemerintah tidak dapat ikut campur tangan dalam pasar. Harga yang terjadi di pasar merupakan hasil mekanisme antara permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar.
Adanya ciri-ciri khusus yang dalam pasar persaingan sempurna menimbulkan konsekuensi-konsekuensi tertentu. Adapun konsekuensi atas cri-ciri pasar persaingan sempurna antara lain sebagai berikut:

  • Masing-masing penjual hanya berperan sebagai price taker (penerima harga).
  • Kurva permintaan yang dihadapi produsen secara individual berbeda dengan kurva permintaan pasar.
  • Produsen tidak perlu bersaing dengan produsen yang lain karena banyaknya produsen yang ada di pasar dan adanya homogenitas produk yang di perdagangkan.
  • Penjual tidak rnungkin melakukan persaingan harga dengan maksud untuk merebut pasar.
  • Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapapun jumlahnya, tanpa mengalami penurunan harga.
b. Pasar persaingan tidak sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect market competition) merupakan pasar di mana jumlah produsen dan konsumen yang ada di pasar tidak seimbang. Pada pasar persaingan tidak sernpurna, pasar dapat dikuasai oleh satu produsen, beberapa produsen, satu konsumen, atau beberapa konsumen. Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna meliputi pasar monopoli, pasar oligopoli, pasar monopolistik, pasar monopsoni , dan pasar oligopsoni.

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews