Saturday 4 January 2014

Pemantulan Gelombang


Gelombang dapat merambat dari satu tempat ke tempat yang lain melalui suatu medium. Apa yang terjadi jika gelombang yang merambat menumbuk suatu permukaan keras ??? Saat mencapai dinding, gelombang itu menghilang dan kemudian muncul lagi. Gelombang pantulan ini berlawanan arah dengan gelombang datangnya. Misalkan, jika gelombang datang dari arah kiri dan menumbuk dinding dengan puncak gelombang, maka gelombang pantulnya akan mengarah ke kiri dengan lembah gelombang. Dengan kata lain, gelombang tadi tidak dapat meneruskan perambatannya karena ujung tali terikat.

Gelombang itu akan memantul sebagian atau seluruhnya dengan amplitudo yang tetap besarnya namun berbalik arah. Hal ini terjadi karena pada saat itu mencapai ujung tali, tali menghasilkan gaya aksi yang arahnya ke kanan dan ke atas pada dinding.





Bentuk gelombang tali dengan ujung terikat

Sesuai dengan gukum Newton III Newton, gaya aksi itu akan menyebabkan timbulnya gaya reaksi yang sama besarnya namun berlawanan arah (ke kiri dan ke bawah). Akibatnya, gelombang pantulan yang terjadi pun memiliki arah sesuai dengan gaya reaksi.
Bentuk gelombang tali dengan ujung bebas


 

Sekarang ujung tali tidak terikat di dinding, melainkan terikat secara longgar pada sebuah tiang. Dengan begitu, ujung tali tadi dapat bergerak naik turun secara bebas.

Tentu saja gelombang tali akan terpantulkan. Namun, kali ini bentuk gelombang pantulannya tidak berbalik arah (sama dengan arah gelombang datangnya). Misalkan, jika gelombang datang dari arah kiri dan menumbuk tiang dengan puncak gelombang, gelombang pantulannya akan mengarah ke kiri dengan puncak gelombang juga. Hal ini terjadi karena ujung tali tidak menghasilkan gaya aksi yang arahnya ke atas pada tiang. Ujung tali ikut bergerak ke atas karena terikat longgar pada tiang. Akibatnya, meskipun tali menghasilkan gelombang pantulan, bentuk gelombang pantulannya tidak terbalik.

Pada umumnya gelombang dapat dipantulkan. Contoh pemantulan dapat ditemui di tepi laut. Gelombang yang datang dari tengah laut akan dipantulkan kembali ke tengah laut akan dipantulkan kembali ke tengeh saat mencapai pantai.


No comments:

Post a Comment

Total Pageviews