Monday 18 March 2013

LISTRIK MAGNET

 
LISTRIK MAGNET
1 Definisi1.1 Listri
Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Listrik, dapat juga diartikansebagai berikut:
Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton, yangmenyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya.
Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatanlistrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.Bersama  dengan  magnetisme,  listrik  membentuk  interaksi  fundamental  yang  dikenal  sebagaielektromagnetisme
1.2 Magnet
Magnet atau magnit adalah suatu obyek yang mempunyai suatu medan magnet. Kata magnet (magnit)berasal dari bahasa Yunani magnítis líthos yang berarti batu Magnesian. Magnesia adalah nama sebuahwilayah di Yunani pada masa lalu yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki) dimana terkandung batu magnet yang ditemukan sejak zaman dulu di wilayah tersebut.Magnet selalu memiliki dua kutub yaitu: kutub utara (north/ N) dan kutub selatan (south/ S). Walaupunmagnet itu dipotong-potong, potongan magnet kecil tersebut akan tetap memiliki dua kutub.
2 Medan Magnet
Medan magnet selain timbul dari magnet alam, juga dapat timbul di sekitar kawat berarus listrik. Halini diselidiki oleh  Hans Christian Ørsted. Pada 1820 ia menemukan hubungan antara listrik danmagnetisme dalam eksperimen yang sangat sederhana. Ia menunjukkan bahwa kawat yang dialiri aruslistrik dapat menolak jarum magnet kompas.Kesimpulan penelitian Ørsted:a. Di sekitar penghantar berarus listrik terdapat medan magnet.b. Arah arus listrik berpengaruh pada arah medan magnet yang ditimbulkannya.
2.1 Induksi Magnet Di Sekitar Kawat Berarus
Hubungan antara besarnya arus listrik dan medan magnet di nyatakan oleh Biot Savart, yang kemudiandikenal dengan Hukum Biot Savart.

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews