Thursday 8 August 2013

aplikasi gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali contoh gaya gesekan. Sebagian dari gaya gesekan merugikan manusia, tetapi tidak sedikit peristiwa gesekan yang memberikan manfaat bagi manusia. Beberapa gaya gesekan yang menguntungkan sebagai berikut.
  1. Gaya gesekan antara alas kaki dengan lantai pada saat berjalan. Jika permukaan lantai atau telapak kaki licin, maka dapat dipastikan orang yang berjalan tersebut akan jatuh tergelincir.
  2. Gaya gesekan pada penggunaan rem sepeda atau mobil, yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan tersebut.
  3.  Gaya gesekan udara saat parasut dikembangkan, dan sebagainya.
Adapun gaya gesekan yang merugikan manusia, misalnya, sebagai berikut.
  1. Gaya gesekan pada komponen mesin yang berputar dan bersentuhan satu sama lain. Gaya gesekan ini merugikan karena akan menimbulkan panas dan mesin cepat aus sehingga akan mudah rusak. Cara untuk mengurangi pengaruh gaya gesek ini dengan memberi minyak pelumas pada mesin. Cara lain dalam mengurangi gaya gesekan pada mesin adalah dengan memasang bola-bola besi keeil di antara bagian yang berputar, contohnya adalah pada poros roda sepeda.
  2. Gaya gesekan antara permukaan ban dengan jalan raya. Pada jalan yang kasar atau tidak rata, gaya gesekan antara roda dengan jalan sangat besar sehingga sulit untuk melaju dengan cepat. Oleh karena itu, pada jalan raya dilapisi dengan aspal supaya halus dan kendaraan dapat melaju dengan cepat.
  3. Gaya gesekan udara dengan benda yang begerak. Contohnya mobil balap didesain sedemikian rupa supaya gaya gesekan udara tidak mengurangi kelajuan mobil. Bentuk mobil dengan memperkecil gaya gesekan udara disebut bentuk mobil yang aerodinamis.

2 comments:

Total Pageviews