Monday 8 April 2013

KOMPONEN KOMPONEN PENTING DALAM BELAJAR ELEKTRONIKA

Di dalam dunia elektronika, kita akan menemui banyak sekali komponen-komponen yang memiliki berbagai macam fungsi yang berbeda-beda. Jika kita ingin membuat rangkaian eletronika yang bisa digunakan untuk tujuan tertentu seperti contohnya adalah rangkaian elektronika pengusir tikus maupun nyamuk, tentu saja kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai fungsi dari beberapa komponen yang sering digunakan dalam merakit sebuah rangkaian elektronika. Berikut ini akan kami berikan sedikit kumpulan komponen yang sering sekali digunakan dalam berbagai macam rangkaian elektronika karena memang fungsinya sangatlah penting dan mendasar. Perlu diketahui juga bahwa semua komponen eletronika akan dipasang pada sebuah papan berwarna hijau yang disebut PCB. Namun demikian, terkadang ada juga yang memilih menggunakan CCB, protoboard, atau juga veroboard. Namun semuanya hampir sama karena tidak ada perbedaan yang begitu besar dari keempat macam bahan tersebut.
Berikut ini adalah beberapa komponen penting yang sangat sering digunakan dalam berbagai macam rangkaian elektronik.
Kapasitor juga sangat sering disebut dengan kondensator. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan energi dari listrik. Kapasitor memiliki dua jumlah kaki-kaki. Satu adalah kutub positif dan satunya lagi adalah kutub negatif. Satuan untuk mengukur kapasitor adalah Farad yang diambil dari nama penemu dari kapasitor ini yaitu Michael Faraday.
  • Resistor
Komponen elektronika yang memiliki penampang tabung kecil dengan memiliki empat macam gelang warna yang juga sebagai penanda tegangan yang dimilikinya merupakan komponen kedua yang paling banyak digunakan dalam berbagai macam rangkaian eletronika. Fungsi utama dari resistor adalah untuk menahan tegangan listrik. Satuan dari resistor adalah Ohm.
Komponen satu ini adalah komponen yang memiliki peran sangat penting karena memiliki fungsi mengatur aliran listrik. Tanpa adanya komponen ini, semua komponen elektronika tidak dapat bekerja karena tidak dialiri listrik dengan tepat.
  • Dioda
Selain transistor yang digunakan untuk menutup dan membuka arus listrik, diode juga memiliki fungsi yang berhubungan erat dengan pasokan listrik di dalam rangkaian elektronik. Diode berfungsi untuk mengalirkan arus yang searah dan menutup arus yang berbeda arah.
Jika kita lihat secara cermat, dari beberapa komponen yang sudah kita ketahui fungsinya tersebut masih dapat dibagi kembali kedalam dua macam jenis komponen yaitu komponen pasif dan komponen aktif. Komponen aktif adalah semua komponen elektronika yang memiliki fungsi atau berhubungan langsung dengan aliran listrik atau daya. Sedangkan komponen pasif merupakan komponen yang hanya menerima atau menunggu aliran daya dari komponen aktif tersebut.

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews